Karburator merupakan bagian dari mesin yang
bertugas dalam sistem pengabutan(pemasukan bahan bakar ke dalam
silinder). Untuk itu fungsi darikarburator antara lain:
1.
Untuk mengatur udara
dan bahan bakar ke dalam saluran isap.
2.
Untuk mengatur
perbandingan bahan bakar-udara pada berbagai beban kecepatan motor.
3.
Mencampur bahan
bakar dan udara secara merata.
.jpg)
1. Mangkok karburator(float
chamber)
Berfungsi
sebagai penyimpan bahan bakar sementara sebelum digunakan.
2. Klep/jarum pelampung(floater valve)
Berfungsi mengatur
masuknya bahan bakar ke dalam mangkuk karburator.
3. Pelampung(floater)
Berfungsi
mengatur bahan bakar agar tetap pada mangkuk karburator.
4. Skep/katup gas(throtle valve)
Berfungsi
mengatur banyaknya gas yang masuk ke dalam silinder.
5. Pemancar jarum(main nozzle/needle jet)
Berfungsi
memancarkan bahan bakar waktu motor di gas, besarnya diatur oleh terangkatnya
jarum skep.
6. Jarum skep/jarum gas(Needle jet)
Berfungsi
mengaturbesarnya semprotan bahan bakar dari main nozzle pada waktu motor di
gas.
7. Pemancar besar(main jet)
Berfungsi
memancarkan bahan bakar ketika motor di gas penuh(tinggi)
8. Pemancar kecil/stationer(slow jet)
Berfungsi
memancarkan bahan bakar waktu lamsam/stationer.
9. Sekrup gas/baut gas(trhottle screw)
Berfungsi
menyetel posisi skep sebelum di gas.
10.Sekrup udara/baut udara(air screw)
Berfungsi
mengatur banyaknya udara yang akan dicampur dengan bahan bakar,
11. Katup cuk(choke valve)
Berfungsi
menutup udala luar yang akan masuk ke dalam karburator sehingga gas menjadi
kaya, digunakan pada waktu start.
Cara kerja dari karburator dimulai
pada saat mesin dihidupkan. Saat mesin hidup, mesin mengisap
udara luar masuk melalui karburator. Karena kecepatan udara yang
memasuki spuyer kecil, maka tekanan udara di permukaan saluran
masuk rendah. Sehingga bahan bakar yang memancar melalui spuyer kecil.campuran
bahan bakar dan udara akan menghasilkan gas yang nantinya akan dibakar di dalam silinder.